Edukasi Lingkungan bersama Teman Kecil GITAPALA

Dalam memperingati Dies Natalis GITAPALA yang ke-29, Teman-teman GITAPALA mengajak mahasiswa FTP untuk melakukan kegiatan edukasi lingkungan di SDN 1 Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang sampah dan pemanfaatannya, serta pentingnya tanaman obat keluarga (TOGA) yang ditanam di lingkungan rumah dan sekolah. Kegiatan ini dilakukan pada hari sabtu, 24 februari 2018 yang diikuti oleh 52 siswa dan siswi SDN 1 Terong kelas 4 dan kelas 5.

Kegiatan diawali pada pukul 08.00 WIB dengan pembukaan oleh Gina Isna dan sambutan dari bapak Kepala Sekolah SDN 1 Terong. Selanjutnya siswa dan siswi SDN 1 Terong dibagi menjadi 5 kelompok yang akan didampingi oleh teman-teman GITAPALA dan mahasiswa FTP. Dalam kelompok tersebut diberikan pengetahuan tentang sampah dan pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Dalam teknisnya siswa-siswi berlomba untuk memisahkan jenis sampah yaitu sampah organik dan anorganik. Perlombaan berjalan meriah dengan antusias yang tinggi dari siswa dan siswi dalam memisahkan s ampah organik dan anorganik dari karung ke tempat sampah seberang.

 

 

 

 

 

 

Kegiatan dilanjutkan dalam kelompok dengan materi pemanfaatan sampah di sekitar. Materi disampaikan oleh teman-teman GITAPALA mengenai manfaat sampah yang dapat dikreasikan menjadi barang yang berguna. Dalam teknisnya, antar kelompok berlomba untuk mengkreasikan botol bekas untuk dijadikan pot untuk tanaman dan kreasi lainnya seperti tempat pensil, mainan, tas, dsb.

Pembuatan pot tersebut selanjutnya digunakan untuk menanam tanaman obat keluarga (TOGA) yang telah di sediakan oleh teman-teman GITAPALA. Siswa dan siswi mengisi pot tersebut dengan tanaman jahe, kunyit, dsb. Dalam pembuatan tersebut kami juga menyelipkan informasi-informasi mengenai tanaman obat serta manfaat-manfaatnya bagi kesehatan. Peserta sangat berantusias dalam pembuatan karya dan penanaman TOGA. Kreasi yang dihasilkan sungguh menarik, bagus, dan kreatif.

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya, dilakukan penilaian karya siswa dan siswi antar kelompok oleh Bapak Kepala Sekolah SDN 1 Terong. Kemudian diumumkan juara untuk hasil karya dan permainan yang telah dilakukan. Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah dan foto bersama. Kemudian kami semua istirahat peserta dibebaskan, sehingga kami dapat bercengkerama dengan siswa-siswa yang saat itu tidak ada pelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.